PEMBAGIAN WAKTU

PEMBAGIAN WAKTU

Ketika tengah dilaksanakan rapat dewan guru di sekola saya sempatkan melirik buku WHO TOOK MY MONEY karya Robert T Kiyosaki (dan mungkin ini buku yang ke 8 yang saya beli dari karya beliau, orang yang sangat menginpirasi dunia dengan karyanya rich dad poor dad)

Buku tersebut mengajarkan tentang permainan uang yang berisi pembagian waktu atas umur kita dan bagaimana kita memenangkan permainan uang. Pembagian waktu sendiri dibagi dalam 10 tahunan, yang dituliskan sebagai berikut:
1. Kwartal 1: usia 25-35
2. Kwartal 2: usia 35-45
3. Kwartal 3: usia 45-55
2. Kwartal 4: usia 55-65

Dalam masa kuartal 1 saya belum memenangkan permainan uang, karena terbukti saya belum bebas finansial, baru di usia yang ke 37 (pada kuartal ke 2) saya mulai mengintip bebas finansial dimana "GAYA HIDUP KITA DIPENUHI DARI PENGHASILAN PASIF INCOME KITA"

Sebetulnya ada cara mudah untuk mencapai bebas finansial, tetapi sayang tidak ada kehalalan didalamnya. Dengan menyimpang dana pada koperasi simpan pinjam saya pernah mendapatkan penawaran bunga hingga 1,7 % atau hampir 20 % pertahun (dari teman SMU saya yang membuka komperasi simpan pinjam). Jika saya membenamkan uang saya 100 juta, saya mendapatkan 1,7 juta perbulan dan jika membenamkan modal 200 juta saya bisa mendapatkan 3,5 juta. Jika saham saya, yang saya benamkan pada usaha lain, saya ambil dan masukan ke koperasi maka saya bisa mendapatkan hampir 7 juta dari per bulan. Angka yang cukup banyak untuk membiaya gaya hidup saya.....tapi....kehalalan berbicara disini. Sehingga saya menyatakan TIDAK PADA PENAWARAN SAHAM KOPERASI

KWATAL 1
Saya menganalisa, selama kwartal 1 yang berada pada usia 25-35 saya belum mampu menjadi pemenang. Masa tersebut adalah masa saya bekerja : El rahma, Century 21, ABN Amro dan masa saya berbisnis: minyak wangi, pakaian, keramik, katering, rumah makan, lembaga pendidikan, dll dimana beberapa mengalami kegagalan, dan dengan buku yang saya baca saya bisa menganalisa mengapat ketidak berhasilan menyertai saya kala itu:
1. Belum memiliki ilmu yang cukup
2. Belum memiliki relasi yang cukup
3. Belum optimal dalam bekerja (karena ilmu yang terbatas)
4. Belum menemukan tim yang cocok
5. Bisnis tanpa orientasi (hanya sekedar bisnis)
tetapi saya mendapatkan pengalaman, ilmu yang luar biasa bagi bekal saya sekarang....dimana untuk yang kesekianlah saya bisa menemukan formula bisnis yang sesungguhnya, dan kelak formula ini yang akan saya pakai ketika saya ingin berbisnis lagi. paling tidak dengan pengalaman pahit tetapi manis tersebut saya mendapatkan penghasilan dari:
1. PNS
2. Lembaga Pendidikan
3. CV yang saya dirikan


KWARTAL 2
memasuki kwartal ke 2, kami mulai mengumpulkan asset yang menghasilkan pemasukan. Saya ingin di akhir masa ini sudah menciptakan pasif income untuk saya, istri, anak, dan saudara/famili/anak yatim. dan saya bertekan melakukannya dengan:
1. Bisnis (S)
2. Waralaba (B-I)
3. Property (B-I)
4. Konsultan
5. Buku
6. CD
7. Lagu

KWARTAL 3 DAN 4
Masa kwartal 3 dan 4 dimasuki dengan pemantapan pasif income dan mulai menikmati tanpa harus bekerja karena "SISTEM TELAH BEKERJA UNTUK SAYA' dan kalaupuntoh saya tetap bekerja itu merupakan "PILIHAN BUKAN KETERPAKSAAN" dan sekaligus masa saya mulua melakukan:
1. Kegiatan sosial
2. Memperdalam dan memperbanyak religi
3. Menikmati hidup dengan wisata
4. Kemanfaatan bagi umat


KWARTAL ANDA
sekarang bagaimana dengan kwartal anda? akankah anda juga mulai membagi? untuk memperdalam saya referensikan untuk membaca buku "WHO TOOK MY MONEY karya Robert T Kiyosaki". Dan bagi anda yang masih menjadi siswa tambahkan formula usia 15-25 tahun yang menurut saya bisa anda bagi dengan :
1. belajar untuk profesi anda
2. Mendapatkan profesi anda
3. memulai bisnis anda
4. memperbanyak jaringan anda
5. Memperkuat ilmu tentang pasif income
6. Memperkaya dengan hobby dan ketrampilan (yang suatu saat menghasilkan uang)

Adi Avanza dot Com