KELOLA UANG ANDA DENGAN LEBIH CERDAS

Judul diambil dari buku terbaru Robert T Kiyosaki "Increas Your Financial IQ"

bagaimana cara meningkatkan kecerdasan finansial kita?

1. menghasilkan lebih banyak uang
Sejauh ini sumber penghasilan saya adalah:
* dari guru
* dari eranet (diswakelolakan pada orang lain)
* dari era excellent (diswakelolakan pada orang lain)
* dari toko tembakau (dikelola istri, tengah melakukan berbagai terobosan ke sumatra dan kalimantan)
* property (ada 5 properti atas nama kami berdua)

dan tengah berusaha meningkatkan dengan usaha lain (dengan mengeluarkan kemampuan yang saya miliki)
* trainer
* konsultan
* penulis
* bisnis baru (baru baru ini saya dapat penawaran menarika dari Jawa Pos)
* kerjasama-kerjasama lainnya
* property
* waralaba
* dll

Maka pastikan anda mendapatkan penghasilan tidak hanya dari 1 lini (tetapi jika usaha masih baru, tekuni hingga bisa menghasilan, stabil, dan bisa ditinggal/dikelolakan pada orang lain maka silakan memulai usaha baru, caranya? temukan kekuatan anda, dan cari rekanan serta temukan simbiom bersama.
Sejauh ini saya juga masih berproses dan ingin menjadi kaya (berarti sekarang belum kaya men!)


2. melindungi uang anda
melindungi dari pajak, dari para penghutang yang tidak mengembalikan, dll

3. menganggarkan uang anda

* bayarlah diri anda terlebih dahulu. Saya mulai komitmen membayar saya mulai sekarang sekitar 20-30% dari total penghasilan saya. Dan sejauh ini saya taburkan ke beberapa ivestasi (salah satunya arsip 79 di sma 2 tapi murah kok, cuman 2 jutaan). istri saya lebih gila lagi, karena pola ini telah dia terapkan sejak kecil, dan buahnya adalah anak saya yang baru 5 tahun tapi sudah membayar dirinya hingga puluhan juta (berupa tabungan), hasil pemberian om dan tantenya saat lebaran, dan kepandaian istri saya dalam memutar uang tersebut untuk jual beli cengkeh.
* selalu membuat surplus keuangan. saya mulai mengevaluasi pola kehidupan saya agar bisa surplus dengan mengatur sedemikian rupa, tanpa membuat saya harus menderita karena ngirit. saya tetap berjalan dengan gaya hidup saya sekarang.


4. mengenakan lavarege atas uang anda
dalam hal ini bagaimana kita sebagai pelaku uasaha bisa menakan berbagai pengeluaran yang tidak pentring (baca: hanya yang tidak penting, supaya usaha tetap stabil, karena stabilnya usaha akan menjadikan usaha bisa berjalan dan bertumbuh) dan memperbesar berbagai pemasukan. Contoh: beberapa waktu lalu lembaga pendidikan saya mengadakan event terjemah Al Qur'an gratis dan memberikan keuntungan atas kegiatan itu. Atau mengadakan kegiatan event bimbel CPNSD dan memberikan keuntungan atas event tersebut. sementara dalam hal pennekanan pengeluaran, kami mengagendakan untuk tidak membelanjakan property apapun

5. Meningkatkan informasi keuangan anda

cara untuk bisa membaca adalah belajar kepada guru. cara bisa mengaji adalah belajar kepada ustad. cara bisa bisnis belajar kepada? inilah pertanyaan yang sering kali tidak bisa dijawab oleh siapapun. kebanyakan dari kita dalam berbisnis ibarat orang buta yang berjalan tanpa tongkat dan tanpa tahu medan perjalanan.
jika kita menggunakan asumsi yang sama, maka jika ingin bisa dan sukses berbisnis otomatis kita harus meningkatkan pengetahuan kita dalam bisnis, dengan belajar kepada orang yang berhasil di bidang yang kita inginkan.

catatan:
1. Tentukan cara-cara untuk bisa meningkatkan penghasilan anda
* apakah dengan bekerja (digaji orang lain)
* apakah dengan membangun bisnis bersama (dimana permodalan dari orang lain)dengan catatan tingkat keberhasilan tingi (karena hampir 90% bisnis akan bangkrut di 1 tahun pertama) dan tinggal 1-3 % ditahun ke 5
* self employe (dengan mengandalkan kemampuan/ketrampilan yang dimiliki

2. Tentang melindungi uang, apakah anda sudah konsultasi dengan penasehat pajak, termasuk apakah anda suka meminjamkan uang kepada saudara atau bahkan kepada orang lain tanpa perjanjian? jika anda tidak hati hati dengan ini, maka akan lebih banyak uang keluar tanpa produktif





sekarang bagaimana dengan anda?

Adi Avanza dot Com