KRISIS INI MASIH LAMA!

krisis ekonomi ini masih lama, bulan desember 2008 ini baru permulaan. Banyak ahli menyatakan masih 2 tahun lagi. Bayangkan jika Jepang yang merupakan negara ekonomi terkuatno 2 dunia  setelah Amerika memPHK 8000 karyawan Toyota (10% dari total karyawan Toyota). dan peningkatan pengangguran di Amerika meningkat dari 4,1 % mencapai 6 % lebih. 

krisis ini diprediksi lebih lama dan bahkan lebih hebat dari 1998 lalu, karena hampir menyentuh semua sektor industri, perumahan, pembiyaan, dll. Dan dampaknyasiapalagi yang akan paling merana kalau tidak negara negara berkembang. bayangkan, jepang yang merupakan primadona ekport Indonesia saja mulai menghentikan sementara aktifitas bisnis dengan indonesia, dan temen saya yang juga ekportir buah kering ke negara negara eropa juga mendapatkan pengalaman yang sama, semua di cancel.

Tengok juga di agronomi. permitaan akan CPU menurun tajam, sehingga industri pengolahan kelapa sawit indonesia tenag meradang pilu. Saya sendiri ma istri yang berencana ekpansi mencari lahan di Sumatra untuk kelapa sawit harus menunda hingga tahun depan untuk investasi karena semua dalam kondisi kritis. Harga sawit yang biasa 7000 tutun menjadi 3000an, BANYAK phk PULA

Adi Avanza dot Com